JAKARTA – Toyota membukukan total penjualan 279.152 unit sepanjang
Januari—Agustus 2013. Jumlah tersebut tumbuh 5,6% dibandingkan dengan
periode yang sama pada 2012 sebanyak 264.431 unit.
General Manager Corporate Planning & Public Relation PT Toyota
Astra Motor, Widyawati, bersyukur pencapaian penjualan Toyota masih
menunjukkan tren pertumbuhan di sepanjang tahun ini.
Industri otomotif di Indonesia, menurut Widyawati, terus meningkat
setiap tahunnya, dan diiringi dengan makin ketatnya kompetisi yang
ditandai dengan hadirnya pemain dan produk baru.
“Kondisi ini, menjadi sebuah tantangan bagi Toyota untuk terus
melakukan inovasi sesuai dengan kebutuhan dan tren pasar terkini. Salah
satu caranya adalah dengan memperkenalkan sejumlah produk baru dan
penyegaran terhadap beberapa line-up lainnya,” tuturnya, hari ini.
Sepanjang tahun ini, Toyota sudah memperkenalkan sejumlah produk baru
antara lain Toyota Etios Valco, The All New Toyota Vios, New Lexus LS,
New Lexus IS, serta refreshment di sejumlah produk lainnya
seperti The All New Toyota Avanza & All New Toyota Avanza Veloz, New
Toyota Kijang Innova, New Toyota Rush, dan New Toyota Fortuner.
Toyota berharap hingga pengujung tahun 2013, penjualan Toyota akan
terus memperlihatkan tren pertumbuhan. Kenaikan penjualan, lanjutnya,
diharapkan berasal dari semua jajaran produk yang dimiliki Toyota.
Sepanjang Januari—Agustus 2013, tren pertumbuhan penjualan Toyota didorong oleh kedua segmen, yakni kendaraan penumpang (passenger car) maupun kendaraan niaga (commercial vehicle).
Di segmen kendaraan penumpang, dalam kurun 8 bulan pertama tahun ini,
Toyota membukukan total penjualan 255.889 unit atau tumbuh sekitar 4,9%
dibandingkan dengan periode yang tahun lalu sebanyak 243.832 unit.
Kendaraan penumpang berkontribusi hingga 91,67% dari total penjualan
Toyota sepanjang Januari—Agustus 2013. Sementara sisanya sebanyak 23.263
unit atau sekitar 8,33% berasal dari penjualan kendaraan niaga.
Di segmen passanger car, pertumbuhan penjualan Toyota pada tahun ini didorong berkat kinerja sejumlah segmen yang menjadi andalan, seperti segmen multi purpose vehicle (MPV) dan compact car.
Sepanjang Januari—Agustus 2013, segmen MPV Toyota membukukan total
penjualan 185.243 unit atau tumbuh 5,1% dibandingkan dengan periode yang
sama pada 2012 sebanyak 176.196 unit.
Adapun, segmen compact car Toyota juga membukukan total penjualan
23.086 unit atau tumbuh 27,9% dibandingkan dengan Januari—Agustus 2012
sebanyak 18.045 unit. Pertumbuhan ini diyakini salah satunya berkat
semakin lengkapnya line-up compact car Toyota melalui Etios Valco yang
diperkenalkan pada Maret silam.
Di lain pihak, penjualan kendaraan niaga Toyota dalam periode yang
sama juga memperlihatkan tren pertumbuhan. Sepanjang Januari—Agustus
2013, segmen ini membukukan total penjualan 23.263 unit atau tumbuh
12,9% dibandingkan dengan periode yang sama 2012 sebanyak 20.599 unit.
Di lain pihak, Toyota membukukan penjualan total 24.896 unit
sepanjang Agustus 2013. Penyesuaian terjadi akibat terbatasnya jumlah
hari kerja efektif yang lebih sedikit antara kedua bulan tersebut.
“Pada Agustus 2013, hari kerja efektif tercatat sebanyak 15 hari
akibat libur bersama Idul Fitri. Sehingga wajar jika penjualan mengalami
penyesuaian dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” urainya.
Toyota merasa cukup optimistis penjualan pada September ini akan
mengalami kenaikan dibandingkan dengan Agustus lalu. Hal itu salah
satunya karena didukung oleh momentum Indonesia International Motor Show
2013 yang akan berlangsung pada 19—29 September 2013.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar