6 November 2013

Toyota Kalahkan GM Sembilan Bulan Pertama 2013


toyota

Tokyo, KompasOtomotif - Toyota masih bercokol di puncak sebagai merek terlaris di dunia dengan hasil penjualan 7,41 juta unit, atau naik tipis 0,1 persen periode Januari-September 2013. Hasil ini membuktikan kalau merek terbesar Jepang itu masih mampu mempertahankan posisinya di atas General Motors (GM) yang cuma menjual 7,25 juta unit, atau naik 4,6 persen di periode sama tahun sebelumnya. Sedangkan Volkswagen harus puas di peringkat tiga dengan 7 juta unit penjualan, naik 5 persen.
GM merupakan merek terlaris di dunia dalam tujuh dekade sebelum direbut Toyota pada 2008. Merek kebanggaan Amerika Serikat (AS) ini sempat mengambil kembali posisi puncak pada 2011, tapi itu terjadi hanya karena Toyota lagi dilanda bencana gempa bumi dan tsunami di negara asalnya. Hanya berselang setahun, 2012, Toyota kembali mempimpin lagi.
Bisa dipastikan kalau Toyota akan tetap memimpin industri otomotif global tahun ini. Namun, justru persaingan ketat justru akan terjadi antara GM dan VW. Kedua merek ini sama-sama tumbuh subur di China, sedangkan Toyota belum bisa maksimal karena dampak sentimen negatif hubungan pemerintah (China-Jepang) atas perebutan wilayah sengketa.
Toyota justru mengandalkan AS sebagai pasar utama dengan model kawakan, seperti Camry, Corolla, dan Tundra. Segmen kendaraan komersial, khususnya truk, Toyota mengandalkan Hino (anak perusahaan) untuk produksi sekaligus pemasaran. Hino berhasil memperkuat penjualan naik 3 persen menjadi 119.000 unit dalam sembilan bulan pertama tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar